Kamis, 23 Februari 2012

PESAWAT TERBANG

 Hai teman-teman, aku mau menceritakan tentang pesawat terbang lewat bahasaku: bahasa Prof. SheenaJ Banyak sekali yang bisa diceritakan tentang pesawat. Sekarang aku mau menceritakan tentang pesawat berdasarkan pelajaran sains. Pesawat terbang bisa dibahas dari sudut energi, sistem, matter, interaksi, diversity, gaya dan perubahan lingkungan.

Energi
Yang pertama kita bahas dari sudut energi. Energi adalah suatu kemampuan untuk melakukan usaha. Jenis-jenis energi ada energi panas, bunyi dan alternatif. Nah, energi panas itu dapat diperoleh dari beberapa sumber, yaitu: matahari, api, gesekan, listrik dan panas bumi. Sedangkan untuk energi bunyi dapat dihasilkan dari semua benda yang dapat menimbulkan bunyi. Bunyi dapat bergetar akibat pukulan, petikan, tiupan dan gesekan. Yang terakhir energi alternatif dapat dihasilkan dari: energi matahari, energi panas bumi, energi air, energi angin. Pesawat terbang menggunakan bahan bakar avtur. Bahan bakar avtur itu menghasilkan energi listrik bagi pesawat terbang, maka pesawat menggunakan jenis energi panas dan juga listrik.

Sistem
Sekarang aku mau bahas tentang sistem. Sistem adalah suatu yang terdiri dari banyak bagian. Nah, pesawat itu juga punya sistem loh... nih gambarnya. Di dalam pesawat itu ada sistem pernapasan karena, kan pesawat punya baling-baling dan udara itu masuk di antara baling-baling itu sehingga udara itu keluar masuk seperti sistem pernapasan tubuh kita. Sistem itu pula yang menjadikan mesin pesawat bisa memutar baling-baling, mengatur AC, dan menghasilkan listrik di dalam pesawat.

Wujud benda
Anak-anak SD semua sudah pasti tau tentang benda cair, benda padat, benda gas. Pesawat itu mepunyai semua benda itu. Sekarang kita bahas ya tapi lewat cara aku. Benda cairnya yaitu: Minyak avtur dan minyak avtur dapat menggerakkan mesin sehingga pesawat dapat bergerak. Benda gasnya adalah: kentut orang-orang di dalam pesawat. Benda padatnya adalah: Besi yang membuat pesawat.

Daur hidup
Daur hidup adalah: pola yang berulang secara terus menerus. Sayangnya pesawat tidak dapat berkembang biak karena ia benda mati. Semoga suatu saat pesawat bisa berkembang biak ya...

Interaksi
Interaksi adalah: saling berhubungannya satu benda dengan benda yang lain. Contohnya: medan magnet, Pesawat punya magnet karena ia mempunyai besi itulah yang disebut interaksi (magnet). Seperti magnet ia berjalan dari kutub utara ke kutub selatan. Karena kalau pesawat dari utara ke utara akan terhalangi seperti magnet akan terasa sebuah bola kecil diantara kedua magnet itu.
Diversity
Diversity adalah pengelompokan benda-benda misalnya: buku dengan buku di rak buku, sendok makan sama garpu di dapur. Pesawat terbang mempunyai diversity, diversity adalah pengelompokan. Pengelompokkan di pesawat adalah: kursi ( kursi di pesawat terletak di kiri dan di kanan), kabin bagasi (bagasi terletak di atas kursi), jendela ( jendela terletak di sebelah kursi-kursi yang terletak berbaris.)

Gaya  
Gaya adalah sebuah dorongan atau tarikan yang dapat mendorong /menarik suatu benda. Gaya ada macam-macam ada gaya: gaya otot, gaya gravitasi, gaya gesek, dan gaya magnet, gaya listrik. Kenapa ya pesawat itu saat terbang tidak jatuh ke bawah padahal kan ia mempunyai gaya gravitasi. Aneh kan??????. Nanti kalau teman-teman temukan jawabannya kasitau ya....

            kursi pesawat


 



                

1 komentar:

  1. Trimkasih artikelnya, sukses buat http://sheenaabigail.blogspot.co.id
    jangan lupa kunjungi blog kami ya
    http://travelozora.blogspot.co.id/

    BalasHapus