Minggu, 25 Maret 2012

EKONOMI 2

1. BAGAIMANA PERUSAHAAN MENGURANGI KARYAWANNYA ?

    Untuk meningkatkan keuntungan dan efisiensi, kita harus mengubah struktur perusahaan. Dalam rangka pembentukan struktur, bidang-bidang yang tidak menguntungkan akan dihapuskan. Ini dilakukan agar perusahaan tidak bangkrut. Tapi masalahnya, ini akan mengakibatkan banyak PHK. Kondisi perusahaan yang makin sulit membuat karyawan tidak bisa dihindarkan.

2. APAKAH PERUSAHAAN JUGA PERLU BERDANDAN?

    OVERSTATMENT  adalah : dandanan yang dilakukan oleh perusahaan . Akutansi bunsik berarti dengan sengaja menggelembungkan aset atau keuntungan untuk mempersiapkan investasi yang dibutuhkan dari perusahaan. Dandanannya adalah seperti membuat keunungan palsu. Dengan kata lain, apabila penampilan buku keuangannya diperbagus, maka perusahaan akan terlihat bagus. Tetapi para investor dan pemegang saham yang memercayainya bisa menderita di kemudian hari.

3. UNTUK APA UANG YANG KITA TABUNG DI BANK?

    Tempat yang mengatur jalannya perputaran uang seperti bank, bursa saham, perusahaan asuransi dan sejenisnya disebut dengan lembaga perbankan. Banyak orang yan memerlukanuang untuk modal usaha dan lain-lain mendapatkannya dari pinjaman bank. Sebagai kompensasinya, bank membebankan bunga pinjaman kepada peminjam.

4.  KENAPA BANK MEMBERIKAN BUNGA?

     Bunga harus dibayar oleh peminjam uang. Saat menabung di bank, kita mendapat bunga. Tapi sebaliknya, kalau kita meminjam uang di bank, kita yang harus membayar uang bunga kepada bank. Karena bunga pinjaman lebih tinggi daripada bunga bunga tabungan, dari situlah bank bisa mendapatkan untung. Tapi biasanya karena standar bunga yang terlalu tinggi itulah, banyak peminjam bermasalah.

5.  SIAPAKAH PEGAWAI BANK SUPER YANG BEKERJA SELAMA 24 JAM?

     Mesin Cash Dispenser gunanya hanya untuk mengetahui jumlah saldo kita dan mengambil uang tunai. Kalu mesin ATM fungsinya sama seperti Cash Dispenser, tapi ATM bisa dilakukan untuk melakukan transaksi lain seoerti pembayaran ketika belanja di supermarket. Di dalam mesin dan kartu ATM ini sudah dipasang lampu dan magnet yang diatur untuk mengidentifikasi transaksi uang. Tapi kalau kartu ATM ini terlalu kotor dan patah maka mesin akan sulit mengidentifikasinya.

6. BISAKAH MEMBUKA TABUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN NAMA PANGGILAN?

     Pada tahun 1993 sudah ditetapkan bahwa segala transaksi perbankan harus menggunakan identitas asli. Jadi orang itu harus menggunakan nama asli dan menyertakan KTP asli. Kalau pakai nama panggilan yang tidak jelas seperti tidak bisa membuka tabungan.

7. KENAPA BEBERAPA BANK DIGABUNG?

    Pada tahun 1997, karena terjadi krisis moneter besar-besaran di seluruh dunia, banyak bank yang bergabung menjadi satu, bisa mengurangi segala macam biaya pengeluaran. Selain itu bank sama seperti penjual. Dengan digabung menjadi satu, kedua bank akan menjadi lebih kuat dan bisa meningkatkan kepercayaan  konsumen.

8. KENAPA ADA CEK DAN SURAT BERHARGA?

    Cek dan surat berharga adalah cara pembayaran yang digunakan untuk mengurangi ketidakpraktisan karena membawa uang tunai dalam jumlah besar. Tentu saja ada perbedaan antara cek dan surat berharga dengan uang tunai. Setelah dikeluarkan, cek bisa langsung dijadikan alat pembayaran, tapi meskipun surat berharga memiliki nilai nominal yang sama dengan uang tunai, dia tetap harus melewati beberapa proses terlebih dahulu.

9. APA ITU PENCUCIAN UANG?

    Uang kotor adalah uang yang didapat dengan cara yang tidak benar dan ilegal. Uang kotor tersebut dipindahkan secara acak ke rekening orang lain sehingga menjadi uang bersih. Itulah yang disebut pencucian uang. Praktik pencucian uang ini banyak terjadi di berbagai negara.

10. APAKAH KOMODITAS EKSPOR-IMPOR KOREA?

      Dengan berkembangnya perekonomian dan teknologi, jenis dan nilai barang yang diekspor pun makin meningkat. Tahun 1970-an serat adalah komoditas ekspor utama korea, tapi sekarang, komoditas nomor satu kami adalah barang semikoduktor. Karena korea bukan penghasil minyak, sejak tahun 1970-an, minyak adalah komoditas impor nomor satu korea. Selain itu, negara korea juga banyak mengimpor bahan baku dari negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar