Kamis, 22 Maret 2012

EKONOMI

 1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

 Bagaimana listrik bisa masuk ke pedesaan?

 Untuk membangun rel kereta api dan jaringan listrik, diperlukan biaya yang sangat besar. Walaupun perusahaan yang mengelola sangat besar, itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Biasanya perusahaan swasta tidak membangun di tempat yang tidak menghasilkan keuntungan sehingga masyarakat yang tinggal di pegunungan atau pedesaan tidak dapat menikmati fasilitas tersebut. Karena itulah industri membutuhkan biaya besar dan menyangkut hajat hidup orang banyak dikelola secara langsung oleh pemerintah. Perusahaan yang langsung dikelola oleh pribadi atau perorangan disebut perusahaan swasta, sedangkan perusahaan yang dikelola oleh pemerintah pusat / daerah disebut Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah  (BUMD). Perusahaan kereta api, perusahaan minyak dan gas, jalan tol, perusahaan energi dan perusahaan air merupakan beberapa jenis BUMN.


2. Apakah Salon Juga Termasuk Industri?
  
    Biasanya yang disebut industri adalah perusahaan besar yang punya banyak pegawai, tetapi setiap usaha yang bertujuan untuk menghasilkan uang juga disebut industri. Bukan hanya mal, bank, tetapi toko buah dan salon termasuk industri.


3. Kenapa REAL MADRID Mengontrak Beckham?
  
    Klub real madrid terkenal dengan kemampuannya membayar biaya transfer yang mahal untuk memasukkan atlet-atlet  peringkat atas dunia ke dalam tim. Bukan hanya Louis Figo, Ronaldo, dan Raul gonzales saja, David Beckham pun pernah turut bergabung dalam tim. Salah jika kita berpikir bahwa alasan mereka mengeluarkan biaya sangat mahal untuk menarik atlet-atlet kelas atas hanya untuk mencetak gol saat pertandingan. Para bintang mempunyai penggemar yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. Memproduksi serta menjual seragam dan barang-barang menggunakan karakter mereka akan meningkatkan pendapatan klub berkali-kali lipat. Ketika beckham ditransfer ke real madrid, jumlah penjualan baju bola beckham dengan nomor punggung 23 mencapai angka 8.000 potong dalam sehari dengan harga mencapai 100.000 Won per potongnya. Selain itu, publisitas yang didapat dalam tim dengan menggunakan pemain bintang tidak dapat tergantikan oleh uang.

4. Kenapa lotteria ada di mana-mana?

    Lotteria adalah: franchise. Franchise adalah: ikatan kontrak antara kantor pusat dan penjual. Caranya: jadi kita membayar sejumlah uang ke kantor pusat, setelah itu kita menerima surat perjanjian, dan barulah kita bisa melakukan penjualan. Tapi kita juga harus melaporkan keuntungan penjualan dan semua kondisi manajemennya ke kantor pusat. Kita juga harus membayar biaya royalti. Untungnya: karena merek franchise itu sudah terkenal, kita tidak perlu mengeluarkan biaya iklan untuk menginformasikan kepada masyarakat. Selain itu kualitasnya juga sudah terjamin, jadi kita tidak perlu khawatir lagi. contoh : macdonald dan starbucks cofee.

5. Self- service di tempat restoran cepat saji

   Self-service adalah: semua yang diperlukan pelanggan dilakukan sendiri. Untungnya: kalau jumlah pegawainya sedikit, kita tak perlu keluar banyak uang untuk bayar pegawai, dan akan mendapatkan keuntungan lebih besar.

6. Apakah perusahaan venture bisa menghasilkan "telur emas"?

    Perusahaan venture adalah: usaha menengah yang meluncurkan teknik, ide-ide, dan barang-barang baru. perusahaan venture memeng sering diumpamakan seperti angsa yang mengeluarkan "telur emas" karena menghasilkan keuntungan yang sangat banyak.

7. Apa itu outsourcing?

    outsourcing adalah: suatu perusahaan yang menyerahkan suatu pekerjaan kepada perusahaan lain untuk diselesaikan. agar tetap bertahan dalam persaingan dan perubahaan pasar yang cepat, kita harus melakukan outsourcing mengatisipasinya. kelebihan outsourcing: megurangi biaya pegawai dan lebih efisien dalam pekerjaan. Selain itu juga bisa memberikan kemajuan bagi perusahaan.

8. Apakah uang saku bisa dijadikan opsi saham?

 opsi saham adalah: saham perusahaan yang dibeki oleh pegawai suatu perusahaan yang bisa dijual kembali di waktu yang akan datang. Dalam perjanjian opsi saham, kalau pegawai itu bekerja dengan rajin dan menghasilkan keuntungan yang besar. opsi saham juga lebih efisien. kalau nilai ujian lebih dari 70 maka setiap 5 nilai akan mendapat 5.000 won tambahan uang jajan tiap bulannya.

9. Apa alasan membangun pabrik di china?

    Standar gaji pegawai di china dibandingkan dengan kita adalah 1:10 harga tanahnya juga seperempat lebih murah dibandingkan harga tanah di korea. Jadi banyak perusahaan kita yang membangun pabrik di sana.

10. Dari negara manakah coco cola berasal?

      perusahaan multinasional adalah: perusahaan yang terdapat di beberapa negara di dunia dengan nama dan usaha yang sama. Seperti coca cola contohnya, walaupun kantor pusatnya di amerika, tapi produksi dan pengemasnya dilakukan di kantor yang berada di korea, dan itu juga termasuk perusahaan korea.

sumber: 3 menit belajar ekonomi. penulis : Soek Hye Won / Kim Yeon Seung.  Penerbit: BHUANA ILMU POPULER (BIP) 2009

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar