Senin, 26 Maret 2012

EKONOMI 3

1. APAKAH ANAK SD BISA MENJADI PEMILIK PERUSAHAAN?

    Orang yang memiliki saham disebut dengan pemilik saham, dan pemilik saham bisa dikatakan sebagai pemilik perusahaan. Jadi walaupun masih SD, asalkan memiliki saham bisa menjadi pemilik perusahaan.

2.  HARGA SAHAM KOREA MENGIKUTI HARGA SAHAM AMERIKA?

     Kenapa harus mengamati harga saham amerika? : karena amerika memberikan pengaruh besar terhadap perekonomian dunia sehingga pasar saham negara korea juga terpengaruh oleh amerika, selain itu orang amerika tidak hanya menanam modal di negara mereka,tetapi juga di negara-negara lain sehingga harga saham dunia pun banyak yang bergerak ke arah yang sama.

3. APA ITU SURAT UTANG?

    surat utang itu apa? : itu adalah sertifikat yang diterbitkan saat pemerintah, atau perusahaan meminjam uang kepada satu individu. Ada surat utang yang diterbitkan pemerintah, ada juga yang diterbitkan perusahaan.

4. MENGGELEMBUNGKAN HARGA ADALAH HAL YANG TIDAK BAIK

    Di dalam ekonomi, istilah gelembung berarti suatu barang yang diperjualbelikan di pasar terus meningkat dibandingkan nilai harga awalnya. Alasan timbulnya gelembung adalah karena harga suatu barang di pasar diperkirakan akan terus meningkat. Tapi jika gelembung itu pecah, harganya jadi merosot drastis, sehingga investornya merugi. Perekonomian jadi stagnan.

5. NEGARA HARUS MEMILIKI DANA CADANGAN?

     Apa itu dana cadangan? : setiap negara pasti memiliki dana cadangan untuk membayar utang kepada negara lain atau berjaga-jaga saat kondisi anggaran negara kurang baik. Dana cadangan yang disebut dengan devisa ini harus bisa diambil kapan saja saat dibutuhkan untuk membayar utang luar negeri. Karena itulah dananya harus disiapkan dalam mata uang yang bersifat internasional seperti dolar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar